Apa Saja Buah Penurun Darah Tinggi?





Sebagaimana dijelaskan di atas, untuk menurunkan tekanan darah sebenarnya sesederhana Anda mengatur ulang kembali makanan yang Anda asup tiap harinya. Salah satunya dengan menambahkan lebih banyak buah penurun darah tinggi dengan kadar potasium yang tinggi disertai sejumlah senyawa fitonutrien lain yang juga berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Menurut Mayoclinic, konsumsi buah dengan kandungan potasium kisaran 4100 mg perhari akan membantu menurunkan tekanan darah hingga 7,2 /2, 8 mm Hg pada tekanan sistolik / diastolik. Dan itu diperkirakan bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi sekitar 8 cup buah perhari. Untuk kategori ringan, diet DASH cukup Anda jalankan dengan asupan potasium 800 mg perhari. Dan berikut ini adalah beberapa buah penurun darah tinggi dengan kandungan potasium tinggi.

  • Pisang
    Menurut data dari USDA, dikatakan pisang merupakan salah satu buah dengan kadar potasium tinggi mencapai angka 422 mg perbuah pisang atau sama dengan 17% kebutuhan tubuh dengan serat sekitar 2, 83 gram. Kandungan kalori dalam pisang terbilang menengah sekitar 95 kal, sehingga dianggap cukup mampu mengenyangkan sebagai pilihan menu diet pengganti karbohidrat
  • Alpukat
    Untuk tiap 150 gram alpukat matang, terdapat kandungan potasium sebanyak 727 mg atau sekitar 21% kebutuhan potasium tubuh. Kandungan sodiumnya sangat rendah hanya kisaran 10 mg. Kandungan lemaknya sangat sehat, sehingga meski berlemak justru tidak mengandung kolesterol dan memiliki jenis lemak unik bernama avokaden yang terbukti membantu menekan tekanan darah.
  • Kurma
    alam kurma ditemukan sejumlah besar potasium sebanyak 54,3 mg dalam tiap butirnya.Selain itu dalam kurma terkandung karbohidrat kompleks, rendah lemak dan sejumlah mineral penting seperti fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, mangan dan sejumlah asam amino essensial.
  • Apricot
    Dengan jumlah terbanyak mencapai 2202 mg per 119 gram sajian apricot atau sekitar 63 % kebutuhan tubuh, jelas apricot akan menjadi salah satu asupan penting untuk Anda yang menjalankan diet DASH. Aprikot juga rendah lemak, rendah kolesterol dan mengandung banyak vitamin C yang baik untuk membantu menjaga elastisitas pembuluh darah.
  • Blewah
    Buah blewah selintas serupa dengan melon, tetapi dengan permukaan kulit menyerupai labu dan daging buah yang lebih jingga. Dalam buah blewah ini ditemukan potasium sebanyak 494,5 mg untuk tiap 160 gram sajiannya. Dalam buah ini juga terkandung sejumlah vitamin C, B6, mineral magnesium, fosfor, mangan dan anti oksidan beta karoten. Melon sendiri juga memiliki kandungan potasium tinggi sekitar 388 mg percupnya, namun kekayaan anti oksidannya tidak sekuat blewah.
  • Jeruk
    Dalam buah jeruk ukuran sedang ditemukan potasium sebanyak 237 mg. Jenis lain seperti grapefruit bahkan bisa mengandung lebih banyak potasium. Dalam jeruk juga dikenal mengandung banyak vitamin C, likopen dan banyak beta karoten yang membantu menekan pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah.
  • Semangka
    Menurut USDA, sebuah semangka ukuran sedang bisa memiliki kandungan sekitar 320 mg potasium. Dengan kandungan flavonoid, beta karoten, vitamin C dan B6, serta sejumlah senyawa mineral lain maka buah ini juga baik untuk membantu mencegah pembentukan plak kolesterol dan menjaga kualitas detak jantung.
  • Pepaya Dalam buah pepaya ukuran 1 kg diyakini terkandung setidaknya sekitar 781 mg potasium. Buah ini juga mengandung sejumlah vitamin penting seperti vitamin C, A dan B6, sejumlah mineral dan sudah pasti kandungan beta karoten dan papain yang membantu proses peluruhan lemak dan kolesterol dalam darah melalui pembuangan sehingga menekan pembentukan endapan kolesterol dalam pembuluh darah.
  • Berry
    Beberapa jenis buah berry seperti blue berry dan raspberry mengandung sejumlah potasium dengan kadar untuk tiap 10 butirnya sekitar 150 mg. Kekuatan lain terdapat pada antosianin yang tinggi dan vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel akibat pembentukan endapan kolesterol pada pembuluh darah, termasuk pula mencegah pembentukan endapan kolesterol dengan mengangkatnya menuju pembuangan.
  • Kiwi
    Buah dengan rasa asam hebat ini juga mengandung potasium sekitar 237 mg perbuahnya. Kandungan sejumlah mineral lain seperti magnesium, fosfor dan mangan juga sejumlah vitamin dan antioksidan juga membantu menekan tekanan darah dengan efektif.
  • Mangga
    Buah musiman satu ini rupanya juga menyimpan kekayaan potasium. Menurut USDA, dalam 1 buah mangga ukuran sedang terdapat sekitar 323 mg potasium. Kandungan beta karoten, vitamin C dan B6 juga beberapa jenis mineral membantu menekan pembentukan endapan kolesterol dan membantu mengangkat kolesterol dari darah.

</>


Previous


Next Post »
Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.
feedburner


Jangan lupa Jempolnya atau dishare ya.

Terima kasih, ditunggu kunjungan balik.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk COPY - PASTE gunakan ctrl+C untuk copy dan ctrl+V untuk paste.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar