Kanker Mesothelioma




Apakah itu Kanker Mesothelioma, Mesothelioma, Asbestos, Kanker, Kesehatan, Kecantikan, Tips

Mesothelioma adalah kanker ganas agresif yang mempengaruhi lapisan membran paru-paru dan perut.


Malignant mesothelioma atau mesothelioma ganas adalah yang paling serius dari semua penyakit yang terkait dengan asbestos. Meskipun jarang terjadi, kanker mesothelioma tidak lagi dianggap langka. Penyebab utama dan faktor risiko untuk mesothelioma adalah paparan asbes.

Membuat diagnosis mesothelioma dengan benar adalah sangat sulit bagi dokter karena penyakit ini sering muncul dengan gejala yang menyerupai penyakit umum lainnya. Belum ditemukan obat penyembuhan untuk mesothelioma, tapi perawatan seperti pembedahan dan kemoterapi telah membantu memperbaiki prognosis khas mesothelioma.

Pleural mesothelioma (mempengaruhi lapisan pelindung paru-paru di rongga dada) mewakili sekitar tiga perempat dari seluruh kejadian mesothelioma. Sedangkan Mesothelioma peritoneal yang mempengaruhi rongga perut dan mesothelioma perikardial yang mempengaruhi rongga jantung, mewakili sisa kejadian mesothelioma. Mesothelioma testis sangat jarang terjadi dan biasanya terlihat khas dengan metastase dari berbagai peritoneal.

Ada tiga jenis tipe sel mesothelioma yang telah dikenali. Antara 50 dan 70% dari semua mesotelioma berasal dari jenis epitel. Sementara ini prognosisnya masih dianggap kurang agresif daripada sarcomatoid mesothelioma dan mesothelioma bifasik, yang meliputi sisa diagnosis tipe sel.

Rongga di dalam tubuh yang meliputi dada, perut, dan hati dikelilingi oleh membran sel yang dikenal sebagai mesothelium. Sel mesothelial ini membantu dalam fungsi organ umum. Mesothelium berfungsi sangat penting untuk organ-organ yang umumnya bergerak, seperti ekspansi atau kontraksi paru-paru, perut, atau jantung. Pelumasan dari sel mesothelial memungkinkan ruang bebas dari gerakan di dalam tubuh. Mesothelium dari dada, perut, dan rongga jantung disebut pleura, peritoneum, dan perikardium. Masing-masing pengelompokan sel mesothelial sangat penting untuk fungsi dari struktur tubuh yang mereka cakup.

Keganasan (tumor kanker) yang terjadi di dalam membran mesothelial dikenal sebagai mesothelioma ganas, atau hanya disebut mesothelioma. Tumor jinak dari mesothelium juga diketahui terjadi, akan tetapi lebih jarang daripada kanker ganas umum umumnya.

Sementara tumor mesothelium pertama kali diketahui terjadi pada akhir abad 18, hingga sampai pertengahan abad ke-20, kanker ini dipelajari dan diperiksa dengan lebih detail. Pada saat itu kecurigaan hubungan penyebab kanker dengan paparan asbes menjadi lebih dapat dibuktikan. Sebuah perusahaan penelitian bersama melalui Departemen Bedah Toraks di Universitas Witswater dan Rumah Sakit Umum Johannesburg di Afrika Selatan memberikan bukti yang paling menarik dari hubungan antara paparan asbes dan perkembangan mesothelioma rongga dada.

Kejadian mesothelioma masih cukup langka, dengan hanya 2,500-3000 diagnosa di Amerika Serikat setiap tahun. Lonjakan diagnosa dilaporkan terjadi antara tahun 1970 sampai dengan 1984. Hal tersebut dikaitkan dengan tingkat industri yang tinggi pada saat 40-60 tahun sebelumnya. Paparan asbes adalah umum terjadi hampir di semua industri, tapi khususnya terjadi dalam industri militer Perang Dunia II dan termasuk galangan kapal angkatan laut.

Meskipun kanker ini lebih umum terjadi pada pria di atas usia 60 (sebagian besar disebabkan oleh paparan industri dalam industri yang didominasi pekerja laki-laki), mesothelioma pada wanita dan anak-anak telah digambarkan juga bisa terjadi. Penyebab Mesothelioma untuk diagnosis pada wanita dan anak-anak terutama dikaitkan dengan paparan asbes sekunder. Karena telah sering terjadi pekerja pria membawa asbes sampai ke dalam rumah melalui tubuh atau pakaian mereka jika fasilitas pembersihan yang tepat tidak tersedia di tempat kerja.


Mesothelioma didiagnosis melalui kombinasi yang komprehensif antara biopsi dan pencitraan bentuk.


Mesothelioma bisa menjadi bersifat ganas yang sulit untuk didiagnosis karena gejala dan patologi penyakit mirip kondisi pernapasan lainnya. Untuk alasan ini, kesalahan diagnosis pada pasien mesothelioma sangat sering terjadi. Gejala mesothelioma antara lain termasuk nyeri dada, batuk kronis, efusi dari dada dan perut, dan adanya darah dalam cairan paru-paru.

Operasi Diagnostik termasuk biopsi biasanya akan diperlukan untuk menentukan jenis sel-sel ganas yang terlihat dalam tubuh. Biasanya pemindaian pencitraan tubuh, seperti gambar resonansi magnetik (MRI) atau komputer topografi (CT scan) akan diperlukan untuk menentukan tingkat dan lokasi penyakit.

Pasien mesothelioma pada umumnya dirujuk ke dokter ahli mesothelioma yang sudah terkenal di Amerika Serikat. Ahli onkologi ini berpengalaman dalam perilaku penyakit dan patologi dan telah terbiasa dengan berbagai macam pilihan pengobatan mesothelioma. Dr David Sugarbaker dari Rumah Sakit Brigham and Women's, adalah perwakilan dari Harvard University dan Dana Farber Cancer Institute di Boston, Massachusetts yang merupakan garis depan dalam pengobatan mesothelioma melalui Program Internasional Mesothelioma.


Karena mesothelioma biasanya membutuhkan diagnosis lebih lanjut, maka tersedia berbagai macam pilihan pengobatan.


Mesothelioma tentunya penyakit yang agresif, namun tingkat keganasannya bisa dikelola. Meskipun tidak ada obat untuk kanker, pilihan pengobatan mesothelioma termasuk pembedahan, kemoterapi, dan terapi radiasi tersedia untuk banyak pasien. Sementara kombinasi Alimta® dan Cisplatin saat ini hanya FDA yang menyetujui rejimen kemoterapi. Beberapa uji klinis saat ini sedang dalam proses menggunakan obat lain termasuk Gemcitabine dan Onconase, dengan banyak menunjukkan hasil membaik secara dramatis pada pasien kanker tertentu.

Terapi radiasi juga digunakan, tetapi biasanya dalam hubungannya dengan metode pengobatan lain seperti pembedahan dan kemoterapi. Reseksi bedah mesothelioma dapat mungkin dilakukan dalam tahap stadium awal diagnosis pasien. Operasi agresif seperti pneumonectomy extrapleural dapat memperpanjang tingkat kelangsungan hidup pasien jauh melampaui perkiraan jangka waktu sebelumnya. Diagnostik dan operasi paliatif seperti pleurocentesis dan pleurodesis juga umum dilakukan pada pasien kanker mesothelioma ganas.

Terapi alternatif juga telah digunakan secara efektif oleh pasien mesothelioma banyak untuk membantu dalam mengelola gejala penyakit dan perawatan konvensional. Pengobatan ini dilakukan secara khusus tetapi bisa sangat berharga untuk banyak pasien.


Mesothelioma disebabkan oleh paparan asbes.

Mesothelioma hanyalah disebabkan oleh paparan asbes, meskipun banyak dokumentasi kasus telah terjadi pada anak-anak atau orang lain yang tidak memiliki riwayat paparan asbes. Asbes adalah mineral mikroskopis dan terjadi secara alamiah yang mengendap pada lapisan pleura paru-paru dan lapisan peritoneal dari rongga perut.

Dalam banyak kasus, orang-orang terdiagnosa dengan mesothelioma yang telah diketahui terpapar asbes mungkin memenuhi persyaratan untuk kompensasi finansial dari produsen asbes untuk penyakit mereka. Di beberapa negara maju, mereka yang telah didiagnosa dengan mesothelioma dan terpapar asbes bisa mengisi formulir singkat dan kemudian mendapatkan informasi perawatan mesothelioma terbaru, uji klinis aktif, dokter terkemuka, serta bagaimana untuk mendapatkan kompensasi untuk asbes yang berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti mesothelioma.


</>


Previous


Next Post »
Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.
feedburner


Jangan lupa Jempolnya atau dishare ya.

Terima kasih, ditunggu kunjungan balik.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk COPY - PASTE gunakan ctrl+C untuk copy dan ctrl+V untuk paste.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar